Buku Kisah Perjuangan Mohamad Rivai di Front Jawa Barat

Hari Minggu siang tanggal 1 Maret 2015 ditemani anak perempuan saya yang masih kelas 5 SD, Putri Dara Jingga, kami menyusuri jalanan di kota Padang walaupun cuaca sedikit mendung, perjalanan kami berhenti Raya Padang yang dulu terkenal sebagai pusat perdagangan terbesar di Sumatera Barat tersebut.

 
Melihat-lihat apa yang unik di pasar raya tersebut, berjalan dari petak toko ke petak lainnya, kami memasuki sebuah toko buku yang penyusunan bukunya sedikit kurang tertata rapi, kami lihat banyak buku-buku pelajaran dan beberapa buku-buku bekas lainnya yang kondisinya sudah mulai menguning yang mungkin dipengaruhi oleh umur buku tersebut.
Disalah satu toko yang menjual buku-buku tersebut secara tidak sengaja saya menemukan sebuah buku yang menceritakan perjalanan seorang pejuang di Jawa Barat pada waktu revolusi dulu yang kondisinya masih bagus, saya tidak pernah temukan buku ini di internet, walaupun cuma sekedar melihat covernya (salah kata pencarian mungkin).
Buku ini sangat tebal karena terdiri lebih dari 720 halaman serta lebarnya juga melebihi ukuran buku biasa.

SPESIFIKASI :
– Buku bekas.
– Soft cover.
– MASIH BAGUS.
– Dilengkapi dengan foto-foto.
– Karya ………..
– CETAKAN KE …., 19…
– Penerbit …….
– 728 halaman.
– Ukuran … x …. cm.

Bisa dilihat pada gambar dibawah bagaimana lebarnya buku ini dibandingkan dengan buku tulis anak Sekolah Dasar dan juga bandingan dengan panjang sebuah pena.

Saya membaca beberapa halaman dan daftar isinya…. sangat menarik sekali karena ini menceritakan tentang suka dan duka selama 65 hari Long March Batalyon III (Batalyon Rivai) Brigade XIV / Divisi Siliwangi dari Muntilan – Magelang (Jawa tengah) ke Majalaya – Bandung (Jawa Barat) dalam Perang Kemerdekaan II.

Pada saat melihat-lihat buku ini si penjual juga menawarkan sebuah buku lagi dengan judul Dibawah Bendera Revolusi, namun membaca sekilas isinya saya lebih tertarik dengan buku Sejarah Perjuangan Rakyat Jawa Barat ini, dengan memilih buku ini saya secara tidak sengaja memupuskan harapan seorang kolektor buku sejarah lainnya yang pada saat itu juga ada di toko tersebut namun yang pertama kali melihat dan memegang buku ini adalah saya sehingga diberi kesempatan untuk menawar pertama kali, setelah tawar menawar akhirnya buku ini saya beli seharga Rp. *.00.000,-

Sedikit berbagi berikut saya tampilkan Daftar Isi nya yang karena tebalnya buku ini daftarnya saja ada 7 halaman.

Di halaman VII Daftar isi ini berisikan Kata Sambutan dari beberapa pejabat, tokoh-tokoh militer dan para pelaku sejarah yang mengalami langsung kejadian long march dan perjuangan kemerdekaan ini, BAB. I Menceritakan tentan Keluarga dan diri Mohamad Rivai sendiri.

Halaman VIII berisikan BAB II tentang pergolakan kemerdekaan di Jawa Barat seperti lahirnya badan-badan perjuangan rakyat, pengambil alihan kantor-kantor dan perebutan senjata dari tentara jepang dan BAB III tentang palagan rakyat Bandung mempertahankan kemerdekaan.

Satu Tanggapan

  1. […] Tanpa pamrih kepertahankan proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: